Konsep Dasar Joomla Joomla! merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat Open Source, ialah sebuah software grati...

Konsep Dasar Joomla

Konsep Dasar Joomla

Joomla! merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat Open Source, ialah sebuah software gratis yang dapat digunakan untuk membuat web yang paling sederhana hingga paling kompleks sekalipun, seperti web portal. Disebut open source karena pengguna dapat memodifikasi, menghapus, maupun menambah script yang disertakan dalam software tersebut asal tetap mencantumkan hak cipta dan mentaati peraturan yang telah disepakati bersama-sama.
Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya. Joomla merupakan salah satu software yang handal untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Banyaknya aplikasi yang dapat disisipkan ke dalam sebuah website, menjadikan Joomla! sebagai alternatif utama ketika membangun sebuah website secara dinamis dan interaktif.
Joomla! dapat dimanfaatkan ketika memutuskan untuk mulai mengembangkan dan mengelola website dinamis secara cepat dengan tidak mengesampingkan keindahan tampilan dan fitur-fitur yang sangat beragam. Berikut beberapa manfaat Joomla! sesuai dengan kebutuhan dan tema website yang akan dibangun.
Joomla terdiri dari 5 bagian, yaitu:
v  content
v  component
v  module
v  plugin/mambot
v  template
v  menu
berikut ini informasi penting seputar joomla yang harus anda ketahui:
  • joomla tidak mengenal halaman, tapi hanya berupa menu/link yang merujuk ke content dan component (link internal),
  • dan link external
  • content merupakan isi dari website yang anda tempilkan, seperti profil, berita, artikel, dsb.
  • component merupakan halaman yang berupa tampilan dari script2 yang sudah di customize agar dapat ditampilkan
  • oleh joomla, contohnya seperti Galeri Foto, Halaman Contact, Guestbook, Forum, dll
  • module mirip seperti component, bedanya component ditampilkan satu halaman penuh, sedangkan module hanyaditempelkan di halaman. Satu halaman dapat menampilkan lebih tanpa mengatur secara detail seperti component.
  • plugin itu pelengkap dari component dan module
  • kelebihannya joomla, templatenya mudah diganti sesuai selera. Template merupaka kerangka utama web
  • menu link berfungsi untuk memanggil halaman internal dan eksternal.

0 komentar: